Blog untuk masyarakat lumajang, yang menampilkan berbagai budaya kota lumajang dan informasi - informasi terbaru yang lebih bermanfaat.

Kamis, 30 Mei 2013

Hasil Quick Count Pilkada Kab. Lumajang - Prop. Jawa Timur


Surat Suara Pemilu
KPU Lumajang menggelar Pilkada Lumajang 2013 pada tanggal 29 Mei 2013. KPU Jawa Timur telah menentapkan 4 Pasangan calon bupati dan wakil bupati Lumajang yang bertarung dalam Pilkada 2013 melalui surat berita acara Nomor : 29/BA/III/ 2013 tentang Penetapan Nama-Nama Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lumajang 2013.

Empat Paslon yang bertarung dalam Pilkada 2013 adalah Pasangan Indah Pakarti-Abdul Kafi, Pasangan incumbent Sjahrazad Masdar-As'at Malik yang diusung Demokrat, PAN dan Golkar, Agus Wicaksono-KH Adnan Syarif diusung PDIP, PPP dan PKS dan Pasangan Ali Mudhori-Samsul Hadi diusung PKB. Pengundian nomor urut cabup dan cawabup di Pilkada Lumajang oleh KPU Jatim di Hotel Prima, Jl. Soekarno-Hatta berjalan meriah dan aman, Kamis (4/4/2013).

MSCI (Media Survei Center Indonesia) yang berkantor Di Surabaya turut serta mengawal Pemilihan Bupati dan wakil bupati Lumajang dengan Program Real Quick Count Perhitungan Cepat suara hasil pilkada. Diharapkan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar sehingga jauh dari kecurangan ujar Helmi Panggabean selaku Direktur MSCI. Dengan quick count perhitungan cepat di ketahui sejak dini dan awal sehingga kecurangan bisa di antisipasi.

Hasil Penghitungan Suara Pilkada Lumajang 2013 - Jawa Timur :

1. Sjahrazad Masdar - As'at Malik (SA’AT) : 34.42 persen suara
2. Agus Wicaksono - Adnan Syarif (ARIF) : 23.66 persen suara
3. Ali Mudhori - Samsul Hadi (ASA) : 35.51 persen suara
4. Indah Pakarti - Gus Kafi (Indah-Kafi) : 6.41 persen suara

#Hasil hitung cepat MSCI - Media Survei Center Indonesia dari 400 Sampling TPS dari 1881 TPS yang ada, Metode Multi Stage Randem Sampling dengan Margin Error 1 %. 

1. Sjahrazad Masdar - As'at Malik (SA’AT) : 33,26 persen suara
2. Agus Wicaksono - Adnan Syarif (ARIF) : 24,82 persen suara
3. Ali Mudhori - Samsul Hadi (ASA) : 36,25 persen suara
4. Indah Pakarti - Gus Kafi (Indah-Kafi) : 5,67 persen suara

#Keunggulan berdasarkan hitung cepat (quick count) yang digelar Proximity, Rabu (29/5/2013) pukul 16.18 WIB, data yang masuk 100 persen. 

1. Sjahrazad Masdar - As'at Malik (SA’AT) : 35,05 persen suara
2. Agus Wicaksono - Adnan Syarif (ARIF) : 22,73 persen suara
3. Ali Mudhori - Samsul Hadi (ASA) : 36,16 persen suara
4. Indah Pakarti - Gus Kafi (Indah-Kafi) : 5,36 persen suara

#Keunggulan berdasarkan hitung cepat yang disiarkan oleh JTV, Rabu (29/5/2013) pukul 14.25 WIB, data yang masuk sebesar 52 persen. 

1. Sjahrazad Masdar - As'at Malik (SA’AT) : 35,58 persen suara
2. Agus Wicaksono - Adnan Syarif (ARIF) : 23,61 persen suara
3. Ali Mudhori - Samsul Hadi (ASA) : 34,42 persen suara
4. Indah Pakarti - Gus Kafi (Indah-Kafi) : 6,38 persen suara

#Hasil real count yang diselenggarakan tim ASA di rumah H Ali Mudhori di Jl. Pisang Agung, Kelurahan Tompokersan Kecamatan Kota Lumajang. 

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, pada pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati lumajang tanggal 29 mei 2013, tidak menggunakan sistem hitung cepat (Quick Count). Selain pertimbangan anggaran, system quick count menurut Komisioner KPU Lumajang Yuyun Baharita tidak bisa memberi data valid. Sudah banyak contoh kabupaten atau kota lain yang menggunakan system hitung cepat, menimbulkan dampak kurang baik pada hasil rekap manual yang dilakukan KPU.

"Ada beberapa lembaga survey yang datang ke tempat kami untuk melakukan mungkin kerjasama apa, tapi ingat kami dalam hal ini kan berkenaan dengan perjalanan yang harus kami lalui terutama masalah anggaran, ya jer basuki mowo bondo", ungkap Yuyun Baharita. Dia menambahkan apabila ada pihak ketiga melakukan system hitung cepat dalam pilkada 2013 mendatang, itu diluar kewenang KPU, hasil perolehan rekap suara dari TPS secara manual tetap menjadi acuan KPU pada penghitungan perolehan suara setiap pasangan pada pilkada yang digelar 29 mei 2013.

Hal senada juga diungkapkan Kabag Humas Pemkab Lumajang, Edy Hosaini, Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang melalui Desk Pilkada, juga tidak akan menyiapkan hitung cepat (quick count) untuk Pilkada Lumajang Tahun 2013, karena pemerintah menginginkan pelaksanaan pilkada lumajang pada 29 mei 2013 berjalan lancar, tertib dan kondusif. 

"Begitu pengumuman nanti disampaikan pihak KPU maka dibuat pengumuman yang paling benar dan paling baik, kalaupun toh nanti ada pengumuman dari pihak lain, baik dari para calon atau lembaga lain, ya silahkan, tetapi pada akhirnya keputusan KPU lah yang paling benar, jadi kami pada saat ini tidak melakukan untuk quick count, meskipun perlu kami garis bawahi pemerintah kabupaten lumajang bisa melakukan untuk memantau", ungkap Edy Hosaini. 

KPU Lumajang menyediakan TPS keliling untuk Rumah Sakit dan tahanan baik di Polres Lumajang maupun Lapas Kelas 2B Lumajang. Yuyun Baharita, A.Ma.Pd Komisioner KPU Kabupaten Lumajang, menyampaikan bahwa untuk TPS keliling di RS dan tahanan ini memang dipersiapkan dengan memobilisasi KPPS terdekat. Demikian pula untuk tahanan di Mapolres Lumajang dan Lapas Kelas 2B Lumajang, akan disediakan TPS keliling yang dijadikan satu pemungutan suaranya di Lapas Kelas 2B Lumajang. 

Sumber : Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar