Blog untuk masyarakat lumajang, yang menampilkan berbagai budaya kota lumajang dan informasi - informasi terbaru yang lebih bermanfaat.

Senin, 09 Mei 2011

Kecamatan Tempursari


  1. KONDISI DAN POTENSI WILAYAH
  2.           Kecamatan Tempursari merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang. Luas Kecamatan Tempursari adalah 101.620 Km2 dengan jumlah penduduk sebesar 32.425 jiwa yang tersebar pada 7 Desa. Penggunaan lahan di Kecamatan Tempursari dapat dibedakan menjadi 3 yaitu lahan sawah, kering dan lainnya. Prosentase lahan sawah wilayah Kecamatan Tempursari yaitu sebesar 30% dari luas Kecamatan Tempursari.
    1. Kondisi dan Potensi Geografis
    2.           Kecamatan Tempursari terletak di ujung Lumajang. Berada pada posisi 08o-16,54 LS dan 112o58,27 BT. Dan terletak kurang lebih � 64 km ke arah sebelah selatan kota Lumajang dengan rincian sebagai berikut :
      1. Luas wilayah Kecamatan Tempursari : 101.620 Km2
      2. Jumlah Penduduk : 32.425 jiwa
      3. Kepadatan Penduduk : 316 / Km2
      4. Ketinggian Kecamatan Tempursari rata-rata : 0 - 600 M dari permukaan air laut. Curah hujan rata-rata 1 tahun = 2252 mm. jumlah hari hujan 1 tahun = 120 hari.
      Adapun batas-batas secara administrasi Kecamatan Tempursari adalah sebagai berikut :
      • Sebelah Utara : Kecamatan Pronojiwo
      • Sebelah Timur : Kecamatan Pasirian
      • Sebelah Selatan : Samudra Indonesia
      • Sebelah Barat : Kabupaten Malang
      Kecamatan Tempursari secara administrasi terdiri dari 7 (tujuh) Desa, yaitu :
      1. Desa Tegalrejo
      2. Desa Bulurejo
      3. Desa Purorejo
      4. Desa Tempurejo
      5. Desa Tempursari
      6. Desa Pundungsari
      7. Desa Kaliuling
      Adapun kondisi dan potensi geografis khusus tanah sebagai berikut :
      1. Tanah sawah : 939 Ha
      2. Tanah kering : 2.934 Ha
      3. Tanah lainnya : 5.113 Ha
    3. Kondisi Demografi
    4.           Kepadatan penduduk tertinggi berada di Desa Tempursari yaitu dengan jumlah penduduk 335 km/jiwa, sedangkan jumlah penduduk yang terkecil adalah Desa Bulurejo dengan jumlah penduduk 3251 jiwa dengan total jumlah penduduk 32.425 jiwa atau dengan jumlah 8650 KK.
  3. KONDISI DAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN MANUSIA
    1. Sumber Daya Alam
    2. Mengenai tingkat kesuburan tanah di wilayah Kecamatan Tempursari dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
      1. Daerah Subur : yaitu daerah yang dapat ditanami sepanjang tahun, yaitu tanaman padi, jagung, ketela, pisang dan tembakau.
      2. Daerah Sedang : yaitu daerah yang mempunyai perbandingan antara masa tanaman padi dan perkebunan 1 : 3 yang terdapat pada masing-masing Desa.
    3. Sumber Daya Manusia
    4.           Faktor pendukung keberhasilan pelaksanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Tempursari salah satunya ditentukan dari sector pendidikan. Pendidikan adalah merupakan salah satu program tri plus Kabupaten Lumajang. Titik Berat ini dilakukan untuk merencanakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), melalui prasarana pendidikan SD / SLTP.           Dengan potensi sumber daya manusia yang ada maka dengan dilaksanakannya program pembangunan khususnya dibidang pendidikan diharapkan pada tujuan akhir adalah untuk menciptakan atau mencetak potensi sumber daya manusia handal yang mampu untuk bersaing dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang.
  4. OBYEK WISATA
    1. Watu Godeg terletak di Desa Bulurejo yang biasa digunakan untuk kegiatan warga Hindu dalam melakukan larung sesaji di bulan Suro, serta kegiatan rutin di hari raya Idul Fitri dengan kegiatan lomba motorcross.
    2. Watu Gedek yang terletak di Desa Tempursari biasa dikunjungi masyarakat sebagai tempat peristirahatan yang letaknya pada jalur lintas selatan.
    3. TPI sebagai pusat pelelangan serta tempat untuk rekreasi.
    4. Pemandian Umbulsari terletak di Desa Purorejo dimana setiap hari dikunjungi warga untuk melakukan aktivitas mandi dan renang.

Sumber data : Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar