Blog untuk masyarakat lumajang, yang menampilkan berbagai budaya kota lumajang dan informasi - informasi terbaru yang lebih bermanfaat.

Kamis, 07 Juni 2012

ReFS, File system terbaru di Windows 8


Microsoft telah membeberkan secara detail ReFS (Resilient File System) yaitu generasi penerus file system NTFS yang akan digunakan di Windows 8 dan generasi Windows selanjutnya.

Meski NTFS terbilang sukses dan paling banyak digunakan saat ini namun Microsoft menyadari masih banyak yang bisa ditingkatkan supaya performa file system di Windows lebih cepat dan lebih aman dari kerusakan data.

Menggunakan kembali kode dan kompatibilitas


Ketika kita melihat sistem berkas API, ini adalah daerah di mana kompatibilitas yang paling kritis dan secara teknis, yang paling menantang. Menulis ulang kode sumber yang mengimplementasikan file sistem semantik tidak akan menyebabkan tingkat kompatibilitas dan isu-isu yang memperkenalkan akan sangat tergantung pada kode aplikasi, panggilan waktu dan perangkat keras. Oleh karena itu dalam membangun ReFS, kita kembali kode yang bertanggung jawab untuk melaksanakan Windows file sistem semantik. Ini kode mengimplementasikan sistem berkas antarmuka (membaca, menulis, membuka, menutup, mengubah pemberitahuan, dll), mempertahankan dalam memori file dan volume negara, memberlakukan keamanan dan mempertahankan memori cache dan sinkronisasi file data. Reuse ini menjamin tingkat tinggi kompatibilitas dengan fitur NTFS yang kami membawa ke depan.

Di bawah bagian ini digunakan kembali, versi NTFS basis kode menggunakan mesin baru architected yang mengimplementasikan disk struktur seperti Master File tabel (MFT) untuk mewakili file dan direktori. ReFS menggabungkan ini kembali kode dengan mesin baru, di mana porsi yang signifikan dari inovasi di belakang ReFS kebohongan. Grafis, tampak seperti ini:


ReFS


Keunggulan ReFS yang paling utama adalah kemampuan mendeteksi semua jenis disk corruption, data striping dan juga fitur copy-on-write.

Tujuan utama dari ReFS adalah:

  • Mempertahankan tingkat tinggi kompatibilitas dengan subset dari fitur NTFS yang diadopsi secara luas sementara mencela orang lain yang memberikan nilai yang terbatas pada biaya sistem kompleksitas dan tapak.
  • Verifikasi dan auto-benar data. Data dapat rusak karena untuk sejumlah alasan dan oleh karena itu harus diverifikasi dan, bila mungkin, diperbaiki secara otomatis. Metadata harus tidak ditulis di tempat untuk menghindari kemungkinan "robek menulis," yang kita akan membicarakan secara lebih rinci di bawah ini.
  • Mengoptimalkan untuk skala ekstrim. Menggunakan struktur scalable untuk segalanya. Jangan menganggap bahwa disk-memeriksa algoritma, khususnya, skala dapat ukuran sistem berkas seluruh.
  • Tidak pernah mengambil sistem berkas offline. Berasumsi bahwa dalam hal terdapat korupsi, menguntungkan untuk mengisolasi kesalahan sementara memungkinkan akses ke seluruh volume. Hal ini dilakukan sementara menyelamatkan maksimum jumlah data yang mungkin, semua hidup.
  • Memberikan ketahanan penuh end-to-end arsitektur ketika digunakan bersamaan dengan fitur ruang penyimpanan, yang co-dirancang dan dibangun dalam hubungannya dengan ReFS.

Fitur kunci dari ReFS adalah sebagai berikut (Perhatikan bahwa beberapa fitur ini disediakan dalam hubungannya dengan ruang penyimpanan).

  1. Metadata integritas dengan checksum
  2. Integritas stream menyediakan integritas data pengguna opsional
  3. Mengalokasikan menulis transaksional model pembaruan kuat disk (juga dikenal sebagai salinan pada menulis)
  4. Volume besar, ukuran file dan direktori
  5. Penggabungan penyimpanan dan virtualization memudahkan file sistem penciptaan dan pengelolaan
  6. Data striping untuk kinerja (bandwidth dapat dikelola) dan redundansi untuk toleransi kesalahan
  7. Disk menggosok untuk perlindungan terhadap laten disk error
  8. Dudukan untuk korupsi dengan "loot" volume maksimum ketersediaan dalam semua kasus
  9. Penyimpanan bersama renang di mesin untuk toleransi kegagalan tambahan dan load balancing
  10. Selain itu, ReFS mewarisi fitur dan semantik dari NTFS termasuk BitLocker enkripsi, kontrol akses daftar untuk keamanan, USN jurnal, pemberitahuan perubahan, tautan simbolis, titik persimpangan, mount point, reparse poin, volume snapshot, file id, dan oplocks.



Dan tentu saja, data yang tersimpan pada ReFS dapat diakses melalui akses file sama api pada klien yang digunakan pada setiap sistem operasi yang dapat mengakses volume NTFS hari ini.

ReFS sangat kompatibel dengan NTFS, data yang tersimpan di ReFS bisa diakses melalui komputer dengan akses API sama oleh OS yang mendukung file system NTFS. Sayangnya ReFS belum bisa dipakai untuk booting PC maupun digunakan di media external seperti USB flashdisk maupun memory card.

Dan karena masih dalam proses pengembangan, Microsoft pun memutuskan ReFS saat ini hanya bisa dipakai di Windows 8 Server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar