Blog untuk masyarakat lumajang, yang menampilkan berbagai budaya kota lumajang dan informasi - informasi terbaru yang lebih bermanfaat.

Senin, 04 Juli 2011

Lubang Ozon Kutub Selatan 27 Kilometer Persegi

Kerusakan lubang ozon di kutub Selatan sebesar 27 juta kilometer persegi lebih besar dibandingkan Amerika Utara yang luasnya sekitar 25 juta kilometer persegi. 


"Itu terjadi karena banyak sekali perilaku hidup manusia yang tanpa disadari menyebabkannya rusak," kata Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Novita Ambarsari, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (4/7). 

"Lubang ozon di kutub Selatan ini bukan dalam arti lubang yang sebenarnya pada lapisan ozon. Akan tetapi, lubang ozon merupakan penipisan lapisan ozon dengan konsentrasi lebih rendah dari 220 DU. Nilai ini berdasarkan pengamatan ozon di Kutub Selatan yang tidak pernah lebih tinggi dari 220 DU sejak 1979," katanya.
 

Kondisi ozon di Indonesia berdasarkan data total ozon hasil pengukuran satelit Nimbus pada Junu 2009, ada kecenderungan penurunan konsentrasi ozon total di Indonesia sebesar 0,29 DU/tahun. 

Bahan-bahan kimia perusak lapisan ozon terutama berasal dari jenis chlorofluorocarbons (CFC) yang digunakan dalam berbagai produk proses, seperti lemari es, pendingin udara, dan proses pembuatan busa lembut sebagai cairan pembersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar