Blog untuk masyarakat lumajang, yang menampilkan berbagai budaya kota lumajang dan informasi - informasi terbaru yang lebih bermanfaat.

Jumat, 25 November 2011

Peringatan Hari Guru Nasional, 25 Nopember


Hari ini, para guru memperingati Hari Guru ke-66. Sebuah peringatan yang semestinya tidak diperingati oleh para guru saja, melainkan oleh segenap anak bangsa. Bukankah bangsa ini ada dalam kondisi seperti yang sekarang ini tidak lepas dari peran serta para guru? Kita dapat membaca dan tentu saja menulis tajuk rencana Haluan ini juga lantaran peranan guru-guru kita di masa lalu.

Peranan  guru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah sedemikian rupa dan menjadi penentu maju mundurnya bangsa dan negara ini. Tapi bukan berarti peranan para guru sampai di situ saja. Tidak, mereka juga harus terus menerus mengupdate kemampuan mereka mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak didiknya setiap waktu.

Kata kuncinya adalah ‘kualitas pendidikan’. Jadi dalam rangka mencapai mutu yang tinggi dalam bidang pendidikan, peranan guru sangatlah penting bahkan sangat utama. Untuk itu, maka profesionalisme guru harus ditegakkan dengan cara pemenuhan syarat-syarat kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru, baik di bidang penguasaan keahlian materi keilmuan maupun metodologi.

Dalam keseharian, guru harus bertanggungjawab atas tugas-tugasnya dan harus mengembangkan kesejawatan dengan sesama guru melalui keikutsertaan dan pengembangan organisasi profesi guru. Untuk mencapai kondisi guru yang profesional, para guru harus menjadikan orientasi mutu dan profesionalisme guru sebagai etos kerja mereka dan menjadikannya sebagai landasan orientasi berperilaku dalam tugas-tugas profesinya.

Dalam perkembangannya, disadari bahwa profesi guru belum dalam posisi yang ideal seperti yang diharapkan, namun harus terus diperjuangkan menuju yang terbaik. Pada saat diberlakukannya otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan yang bersamaan dengan tumbuh dan berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat, dipahami bahwa banyak tantangan sekaligus peluang yang harus dihadapi untuk dapat diselesaikan oleh para guru dan lembaga penyelenggara pendidikan.

Menghadapi masa depan, maka tantangan para guru juga semakin kompleks. Tantangan itu antara lain berupa terjadinya perubahan atas peran guru dalam manajemen proses belajar mengajar, kurikulum yang terdesentralisasi, pemanfaatan secara optimal sumber-sumber belajar lain dan teknologi informasi, usaha pencapaian layanan mutu pendidikan yang optimal, dan penegakan profesionalisme guru.

Masih sangat sarat lagi tantangan yang akan dihadapi para guru untuk dapat beradaptasi dengan sebaik-baiknya dalam situasi transisi, agar dapat memperkecil dampak negatif dan memperbesar dampak positifnya. Menyikapi hal-hal demikian, tidak lain maka para guru haruslah dapat mengembangkan suatu perilaku adaptif agar berhasil mengemban profesinya di era otonomi daerah dan era global ini. Dengan cara demikian, karena guru adalah “soko guru” pendidikan, mudah-mudahan peningkatan mutu pendidikan di era otonomi daerah segera akan tercapai.

Pada kesempatan Hari Guru ini, kita ingin mengingatkan kembali bahwa pada hakekatnya guru adalah menyiapkan masa depan bangsa, maka ini menempatkan guru pada tanggung jawab yang sangat berat, namun mulia.

Pada guru tertumpu beban tanggung jawab menyiapkan masa depan yang lebih baik, yaitu dengan berfungsi sebagai jembatan bagi para peserta didik untuk melintas menuju masa depan mereka. Ke masa depan yang bagaimana peserta didik akan dibawa tergantung pada jembatan itu.

Seperti diungkapkan Mendikbud pada peringatan Hari Guru kali ini, dari tiga penggalan masa (masa lalu, masa kini, dan masa depan), masa depanlah yang menjadi tujuan dengan memanfaatkan sebaik-baiknya masa lalu dan masa kini. Tugas guru sangat mulia karena menyiapkan generasi penerus demi masa depannya yang lebih baik, lebih berbudaya, dan sekaligus membangun peradaban. Dengan demikian, secara hakiki dan asali (genuine) guru adalah mulia, menjadi guru berarti menjadi mulia, bahkan kemuliaannya sama sekali tidak memerlukan atribut tambahan (aksesori). Memuliakan profesi yang mulia (guru) adalah kemuliaan, dan hanya orang-orang mulia yang tahu bagaimana memuliakan dan menghargai kemuliaan. Hadirin sekalian yang saya hormati Bertanggung jawab terhadap pembentukan masa depan menunjukkan bahwa guru berbeda dari profesi lainnya. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan apabila sebagai profesi, guru mendapat kehormatan memiliki Hari Guru.

Kehormatan yang tinggi ini memiliki implikasi pentingnya profesionalitas guru. Profesionalitas guru akan terasa hasilnya pada masa depan, yang apabila salah arah, akan mustahil diputar kembali untuk memperbaikinya, karena pendidikan adalah proses yang tidak bisa dibalik.


==========================================================
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono


pada Peringatan Hari Guru Nasional 2005



Guru adalah sosok yang sempurna…


Dia dengan sabar mendidik siswa-siswanya…


Guru adalah segala-galanya…


Tanpa dia tak ada profesi apapun di dunia…


Guru adalah pahlawan…


Pahlawan bagi kemajuan pendidikan..


Pahlawan bagi segala…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar