Blog untuk masyarakat lumajang, yang menampilkan berbagai budaya kota lumajang dan informasi - informasi terbaru yang lebih bermanfaat.

Senin, 21 November 2011

Malaysia mengalahkan Indonesia lewat adu penalti


Medali emas cabang olahraga sepakbola SEA Games XXVI jatuh ke tangan Malaysia. 



Pertandingan final cabang sepak bola SEA Games XXVI yang mempertemukan Malaysia kontra Indonesia akhirnya harus berakhir dengan kemenangan Malaysia di drama adu penalti dengan skor 5-4, setelah pada pertandingan di babak normal pertandingan diakhiri dengan skor imbang 1-1.

Tim Garuda Muda asuhan Rahmad Darmawan akhirnya gagal memenuhi target untuk menyabet medali emas di ajang SEA Games XXVI setelah anak-anak asuhnya di kalahkan oleh tim Malaysia dengan skor 5-4 (1-1) di drama adu penalti.


imageDukungan penonton pada pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (21/11), berhasil memompa semangat pasukan Garuda Muda kala menghadapi tim Malaysia.


Pertandingan di waktu normal harus diakhiri dengan babak perpanjangan waktu, karena skor masih tetap imbang 1-1. Tapi nampaknya keberuntungan tidak berpihak pada Indonesia, setelah menjalani babak final yang harus diakhiri dengan drama adu penalti dimenangkan oleh Malaysia dengan skor 5-4.


Pada babak pertama Indonesia sempat unggul berkat gol yang dicetak oleh Gunawan Dwi Cahyo di menit ke-5. Tapi Malaysia tidak tinggal diam dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang dicetak oleh Omar Moh Asraruddindi menit ke-35. Skor imbang bertahan hingga babak pertama usai.


Pertandingan babak kedua pun berjalan dengan cukup ketat. Kedua tim bermain saling serang untuk bisa unggul terlebih dahulu, tapi hingga berakhirnya pertandingan babak kedua, skor masih tetap tidak berubah 1-1 dan harus dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Setelah kedudukan imbang 1-1 di 90 menit, kedua tim tidak juga mampu mencetak gol di babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Untuk menentukan juara, pertandingan harus dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.

Titus Bonai sebagai penendang pertama berhasil mencetak gol. Malaysia mampu membalas berkat tendangan Mahali. Indonesia gagal di eksekusi kedua karena tendangan Gunawan Dwi Cahyo membentur tiang sebelah kiri. Penendang kedua Malaysia, Fandhi justru mampu menaklukkan Kurnia Meiga.

Egi menjadi penendang ketiga dan berhasil menundukkan Fakhmi. Penendang ketiga Malaysia, Fakri gagal melesakkan bola karena mampu ditepis oleh Kurnia Meiga. Abdulrahman maju sebagai penendang keempat dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Fadhli juga menjalankan tugasnya dengan baik sebagai penendang keempat Malaysia.

Di saat memasuki penendang terakhir, Indonesia gagal mencetak gol karena sepakan Ferdinand Sinaga mampu dijinakkan Fakhmi. Eksekutor terakhir Malaysia, Baddrol sukses membobol gawang Kurnia Meiga dan membawa Malaysia menjadi juara SEA Games XXVI.






Dengan kemenangan ini, Malaysia tetap mempertahankan posisinya sebagai juara bertahan selama dua kali berturut-turut di ajang SEA Games, setelah di ajang SEA Games sebelumnya yang berlangsung di Laos, Malaysia juga berhasil mengatasi perlawanan Thailand dan menjadi juara.


Sedangkan untuk Indonesia, kekalahan ini semakin memperpanjang catatan kegagalan dalam meraih juara dan menyabet medali emas di ajang SEA Games dalam dua dasawarsa terakhir.


Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga - Mahardiga Lasut (Hendro Siswanto 70') - Egi Melgiansyah - Oktovianus Maniani - Gunawan Dwi Cahyo - Hasim Kipuw - Andik Vermansyah (Ferdinand Sinaga 65') - Diego Michels - Titus Bonai - Patrich Wanggai (Ramdani Lestaluhu 97') - Abdul Rahman

Malaysia: Khairul Fahmi - Jasuli Mahali - Mohd Zubir - Mohamad Fadhli - Asraruddin (Fandi Othman 99') - Mohd Irfan - Thamil Arasu (Yong Kuong Yong 80') - Bakhtiar Baddrol - Kandasamy Gurusamy (Faiz Mansor 77') - Ahmad Fakri - Mohamad Muslim



Tidak ada komentar:

Posting Komentar